Jumat, 13 Januari 2017

RESUME KELOMPOK 6



Peranan SIG dalam politik dan pemerintah
TEORI DASAR
PEMETAAN
Merupakan suatu kumpulan wilayah yang berkaitan dengan beberapa letak geografis
SIG
Suatu system yang digunakan untuk memasukkan dan menghasilkan data geografis/ geospasial
POLITIK
proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat.

AYAT AL-QUR’AN DI BIDANG POLITIK

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu,maka mereka itulah orang-orang yang fasik”.
PENJABARAN AYAT-AYAT

Dari keterangan ini dapat di tarik dua masalah yang fundamental, yaitu:
1.                  Islam menggunakan ‘Khalifah’ sebagai kata kunci, bukan dengan kata kedaulatan atau yang lainnya. Dengan demikian pemegang kekuasaan dan penggunaan harus sesuai dengan norma dan hokum tuhan,  maka dengan sendirinya ia menjadi khalifah(pengganti) Tuhan.
2.                  Kekuasaan untuk mengatur bumi,  mengelola Negara dan mensejahterakan masyarakat dan dijanjikan kepada seluruh masyarakat beriman, bukan kepada seseorang atau suatu kelas tertentu. Setiap mukmin menjadi khalifah Tuhan dimuka bumi sesuai dengan kapasitas individunya.

CONTOH SIG DIBIDANG POLITIK
Hasil pemilutahun 2004:

Sumber: wikiwand




Dalam bidang politik dan pemerintahan SIG dapat digunakan dalam pemetaan hasil dari pemilu dan persebran dari masyarakat yang mengikuti pemilu. Juga dapat memperpudah  pemerintah dalam memetakan pemerataan bantuan-bantuan bagi masyarakat.
Load disqus comments

0 komentar