Jumat, 13 Januari 2017

Sistem Proyeksi Peta



Sistem Proyeksi Peta

Secara umum proyeksi peta ini dapat didefinisikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang cara pemindahan data topografi dari atas permukaan bumi ke atas permukaan peta, sehingga perubahan bentuk dan perubahan besaran data tersebut dapat dirumuskan dengan suatu formula tertentu.
            MACAM-MACAM PROYEKSI PETA
            Pertimbangan utama yang dijadikan dasar dalam penentuan jenis proyeksi peta ini adalah bahwa distorsi atau penyimpangan yang mungkin terjadi akibat dari pemilihan jenis proyeksi peta tertentu harus minimal dan mudah untuk diperhitungkan, sehingga kesalahan yang mungkin terjadi dapat diperkecil.
            Secara umum jenis proyeksi peta dapat digolongkan menjadi empat kelompok, yaitu :
1.      Berdasarkan jenis bidang proyeksi
·         Proyeksi bidang datar, disebut pula proyeksi azimuthal atau zenithal, merupakan jenis proyeksi peta menggunakan bidang datar sebagai bidang proyeksinya.
·         Proyeksi kerucut, merupakan jenis proyeksi peta yang menggunakan bidang kerucut sebagai bidang proyeksinya. Bidang kerucut ini merupakan bidang lengkung yang dapat didatarkan tanpa ada perubahan lebih lanjut,  sehingga tidak mengubah bentuk dan besaran data yang disajikan diatasnya.
·         Proyeksi silinder, merupakan jenis proyeki peta yang menggunakan bidang silinder sebagai bidang proyeksinya. Bidang silinder ini merupakan bidang lengkung yang dapat didatarkan tanpa ada perubahan lebih lanjut, sehingga tidak mengubah bentuk dan besaran data yang disajikan.

2.       
Berdasarkan kedudukan bidang proyeksi

·         Proyeksi normal, merupakan jenis proyeksi peta yang garis karakteristiknya beimpit dnegan sumbu pendek elipsoid, sehingga antara kedua garis tersebut tidak terbentuk sudut.
·         Proyeksi miring, merupakan jenis proyeksi peta yang garis karakteristiknya membentuk sudut lancip dengan sumbu pendek elipsoid, atau dapat pula dikatakan bahwa garis karakteristik tersebut membentuk sudut lancip dengan bidang ekuator.
·         Proyeksi transversal, merupakan jenis proyeksi peta yang garis karakteristiknya terletak di bidang ekuator, atau dapat pula didefinisikan sebagai jenis proyeksi yang garis karakteristinya berpotongan tegak lurus dengan sumbu pendek elipsoid.
3.      Berdasarkan jenis unsur yang bebas dari distorsi
·         Proyeksi conform, merupakan jenis peta yang mempertahankan besarnya sudut, sehingga sudut pada bidang lengkung (elipsoid) akan sama besar dengan sudut tersebut pad abidang proyeksinya.
·         Proyeksi equidistant, merupakan jenis peta yang mempertahankan panjang jarak, sehingga panjang jarak pada bidang lengkung akan sama besar dengan dengan panjang tersebut pada bidang proyeksinya.
·         Proyeksi equivalent, , merupakan jenis peta yang mempertahankan besarnya luas, sehingga luas suatu daerah pada bidang lengkung akan sama besar dengan luas daerah tersebut pada bidang proyeksinya.

Sumber : Buku Pengetahuan Peta,
                        Penerbit ITB
Load disqus comments

0 komentar